Engineering Analysis

Custom Search

Simulation Wind Tunnel Test at CARS


This is Nodal Solution With Velocity 30 m/s

Distribution of Total Velocity (VSUM)



VECTOR
This is Vector Result for Dsitribution of Total Velocity where is the red color in picture is the maximum velocity with range value is 31 - 35.85 m/s. Low pressure around red color is effect of high velocity, we know that air move from high pressure to low pressure.

Perhatikan pula ketika anda berada pada bus dengan kecepatan tinggi dan misalnya tiba2 anda secara ekstrim kencing di samping pintu, hati-hati bisa2 anda basah oleh air kencing sendiri karena akan berbalik ke arah dalam hik2...(makanya yang sopan mas)

This content still construction

TRACE
Nah yang satu ini adalah Trace dari kecepatan searah sumbu x atau Vx, perhatikan pada bagian belekang model, anda bisa melihat aliran udara yang berputar (turbulen istilahnya) lihat pada bagian belakang model sedan , daerah turbulensinya sedikit..



Simulasi ini juga bisanya di gunakan untuk medesain faktor bentuk dari kendaraan dengan kecepatan tinggi untuk desain aerodinamis...

Jika anda perhatikan lagi, bentuk muka pesawat memiliki hidung yang halus dan runcing (round lah bukan square) itu untuk mengurangi resistansi udara.

Anda juga bisa perhatikan moncong depan kereta api kecepatan tinggi misalnya yang di jepang dengan kecepatan di atas 500 km/jam lonjong elips (apa namanya yaa...?) hal tersebut selain untuk mengurangai hambatan udara juga untuk mengindari bunyi tabrakan udara yang keras ketika kendaraan keluar dari terowongan, bayangkan kalau kereta api dengan kecepatan di atas 500 km/jam dengan bentuk moncong kotak, bakalan keras bunyi tabrakan udaranya...

0 comments: